Manfaat TEH

Menurunkan Kadar Kolesterol

Teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’. Analisa dari Pusat Penelitian Nutrisi Betsville, Maryland, USA membuktikan bahwa tes dengan subjek yang memakan makanan rendah lemak, rendah kalori dan dengan subjek yang meminum lima gelas teh hitam, baik yang berkafein ataupun minuman sejenis teh yang tanpa kafein. Tingkat low density lipoprotein (LDL) kolesterol yang paling turun adalah subjek yang meminum teh hitam.

Mencegah Penyakit Jantung

Teh hitam dapat mencegah penggumpalan dan penumpukan darah. Para peneliti menemukan bahwa dengan meminum teh hitam, para relawan akan mendapatkan level yang lebih rendah dari penggabungan protein darah dengan proses pembekuan. Teh hitam manfaat yang sangat baik dalam proses sirkulasi darah.

Mengurangi Masalah Kardiovaskular

Sebuah studi yang dilakukan selama bertahun-tahun menetapkan bahwa ada hubungan langsung antara peningkatan konsumsi teh hitam dengan PENURUNAN penyakit  kardiovaskular.
Pada tahun 2011, Boston University menyimpulkan dalam sebuah penelitian  bahwa hasil meminum teh hitam dalam jangka pendek dan panjang dapat membalikkan  sesuatu yang disebut disfungsi endotel vasomotor pada pasien dengan penyakit arteri  koroner. Ini adalah disfungsi yang pada dasarnya memprediksi jika ada gangguan koroner lebih serius.
Kesimpulan dalam penelitian ini didukung dengan hubungan sebelumnya  antara teh hitam dan kecenderungan menurunkan masalah kardiovaskular.

Mencegah Pertumbuhan Kanker

Teh hitam adalah satu dari pembasmi kanker terbaik yang dapat anda konsumsi dalam tubuh’ anjuran dari Mitchell Gaynor, MD, Direktur dari Ilmu Onkologi di dunia, pusat pencegahan kanker ganas di kota New York dan asisten penulis dari Program pencegahan kanker Dr.Gaynor’s. Penemuan terbaru membuktikan bahwa kedua daun teh hijau dan teh hitam dapat memerangi kanker, dengan meletakkan daun teh pada ujung tabung uji coba. Di sebuah riset terbaru, kedua jenis teh ini dapat menjaga tubuh dari sel-sel kanker pengganggu (Pencegahan, Mei 2000). Sekarang kita dapat tahu sebabnya. Orang-orang yang meminum sekitar 4 cangkir teh hitam per hari dapat lebih kecil untuk terserang kanker.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Adanya vitamin C dan E, dengan demikian teh hitam dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Teh hitam mengandung zat antioksidan yang tinggi oleh karena itu teh hitam dapat menghilangkan berbagai virus dari dalam tubuh. Teh hitam juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit seperti diare, pneumonia, dan infeksi kulit. Selain itu apabila teh hitam diaplikasikan di wajah makan akan mengurangi keriput dan juga mata bengkak.

Penurunan Berat Badan

Teh hitam ternyata dapat berfungsi untuk mempercepat pembakaran kalori termasuk kalori kegemukan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara teratur akan membantu Anda dalam mengurangi berat badan. Hal ini karena teh hitam mampu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

Menambah Kekuatan Tulang

Flavonoid teh hitam dapat menjadi pembentuk unsur tulang. Jika dibandingkan dengan para peminum teh hitam yang tidak tetap, orang-orang yang sering meminum teh hitam memiliki kandungan mineral tulang yang lebih tinggi, sama seperti orang yang telah berolahraga dan kalsium yang dapat menguatkan tulang.

Memperkuat Gigi dan Mencegah Karies pada Gigi

Unsur Flouride (F) yang cukup tinggi pada teh hitam dapat membantu mencegah tumbuhnya karies pada gigi dan dapat memperkuat gigi.

Mencegah Penyakit Tulang

Katekin pada teh adalah chondroprotective, mengkonsumsi teh hitam dapat terhindar dari penyakit tulang dan dapat bermanfaat bagi penderita penyakit tulang dengan penghambatan iritasi dan memperlambat kerusakan tulang rawan. Lagi pula teh hitam dapat berfungsi untuk mengontrol iritasi luka pada penyakit seperti penyakit tulang.

Menyegarkan Tubuh

Teh hitam mengandung jenis kafein yang berbeda dengan kopi, teh hitam dapat merangsang sistem syaraf tubuh sehingga pengambilan oksigen ke dalam tubuh lebih lancar.

Untuk Lansia

Teh hitam ternyata dapat mengurangi resiko masalah fraktur tulang panggul yang sering diderita oleh para perempuan lanjut usia. Perempuan usia lanjut yang minum banyak teh hitam setiap hari, setidaknya tiga cangkir, ternyata lebih sehat dibanding yang tidak. Penelitian ini dilakukan oleh Genetic Factors for Osteoporosis Consortium (GEFOS).