Tentang VILLA

Merk “TEH VILLA” berasal dari kata yang berarti rumah peristirahatan yang biasanya terletak di daerah pegunungan. Teh Villa adalah produk teh jenis “Teh Hitam”. Teh Villa berdiri di Surabaya, merupakan bisnis keluarga, dan mulai beroperasi sebagai home industry pada bulan Juli 1981. Pada masa itu, merk Teh Villa membidik pasar kelas atas dengan memproduksi dan memasarkan teh kualitas ekspor di Surabaya.

Setelah melakukan riset pasar secara mendalam, pada tahun 1983, perusahaan memutuskan merubah target market menjadi pasar kelas menengah dan bawah karena dianggap lebih menjanjikan. Perusahaan mulai memperkenalkan beberapa ukuran kemasan dan mengganti produk dengan yang lebih disukai oleh pasar lokal. Pada tahun tersebut, seiring dengan pertambahan produksi, tempat produksi teh juga disesuaikan dengan pindah ke daerah lain di Surabaya. Produk Teh Villa dipromosikan sampai keluar daerah Surabaya dengan memberikan sample kepada warung-warung kecil atau kios dengan sepeda motor. Perusahaan membeli teh hitam langsung dari PTPN (PT. Perkebunan Nusantara).

Pada tahun 1990an, merk Teh Villa ditingkatkan lagi dengan mencampur teh hitam murni dengan essence yang diimpor, sehingga membuat aroma teh hitam lebih tahan lama. Seiring dengan perkembangan pasar, merk Teh Villa mengembangkan produknya dari 2 tipe (kemasan sedang dan besar) menjadi 5 tipe, yakni kemasan kecil, sedang dan besar, kemasan plastik dan sachet. Pada periode ini, karyawan yang semula berjumlah 5 orang telah bertambah menjadi sekitar 80an orang, dan area distribusi Teh Villa telah mencakup propinsi jawa timur. Bisnis keluarga kecil ini telah menjadi Perseroan Terbatas dan menamakan diri PT Karya Mas Makmur. Lokasi produksi dipindahkan kembali ke daerah industri di Rungkut Industri, Surabaya. Pada juli 2018, Teh Villa akan merayakan hari jadi ke-37 tahun.