Ini Bedanya Afternoon Tea dan High Tea ala Inggris

Teh memang dikenal berasal dari China, tapi tradisi minum teh tak hanya ada di Asia saja, di negara Eropa seperti di Inggris juga terkenal dengan tradisi minum tehnya. Tradisi minum teh yang terkenal di Inggris yaitu afternoon tea dan high tea. Afternoon tea dilakukan pada jam 3 sampai 4 sore waktu setempat. Ciri khas dari afternoon tea adalah penggunaan meja yang rendah, maka dari itu afternoon tea juga sering disebut low tea.

Setelah menyiapkan teko teh, tuan rumah menuangkan teh untuk tamu. Biasanya selain teh juga akan disajikan hidangan atau makanan pendamping ringan seperti sandwichscones, krim kental dan berbagai makanan manis seperti cake dan pastry. Hidangan tersebut disajikan dalam piring saji bertingkat dengan makanan manis diletakkan pada piring saji paling atas. Sandwich merupakan menu khas  afternoon tea, di mana sandwich dipotong kecil yang ditujukan untuk dua kali suap.

Selain afternoon tea, ada juga high tea. Kebanyakan awam mengira bahwa high tea sama dengan afternoon tea, padahal keduanya berbeda. Pada afternoon tea, tamu hanya memakan kudapan ringan yang disajikan bersama teh. Sedangkan high tea merupakan gabungan antara makan malam dan afternoon tea.

Konsep keduanya pun berbeda, afternoon tea lebih merujuk pada konsep kemewahan dan berkelas sedangkan high tea ditujukan pada kebiasaan minum teh pekerja pabrik di Inggris. Saat itu, budaya minum teh memang sudah populer. Para pekerja tak ingin ketinggalan menikmatinya dengan minum teh, namun ditemani makanan yang lebih berat untuk mengatasi rasa lapar setelah bekerja. Menu yang disajikan bukan hanya kudapan ringan saja tetapi juga makanan berat, tak lupa yang paling utama yaitu teh. Istilah ‘high’ merujuk pada meja makan yang digunakan untuk menikmati teh dan makan berat, berbeda dengan meja rendah di teras aftenoon tea.

Sumber :

Heneberry, Mike. 2006. The Little Black Book of Tea. New York: Peter Pauper Press, Inc

https://www.hipwee.com/narasi/budaya-minum-teh-di-inggris-yang-mendunia/

http://www.femina.co.id/article/afternoon-tea-vs-high-tea

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *