Masala Chai, Perpaduan Teh dan Rempah-rempah Khas India

India memang selalu lekat dengan beragam rempah-rempah. Tidak hanya dimasukkan kedalam makanan tetapi juga kedalam minuman seperti Masala Chai. Ini merupakan minuman tradisional India yang berbahan dasar teh hitam dipadukan dengan campuran rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, merica, kayu manis, adas, pala, dan cengkeh serta tambahan susu.

Seperti halnya tradisi teh dunia lainnya, Masala Chai juga memiliki sejarahnya sendiri. Pada mulanya, minuman ini digunakan sebagai ramuan penyembuhan yang diseduh dengan bumbu dan rempah-rempah yang bermanfaat bagi tubuh. Awalnya, Masala Chai tidak mengandung daun teh, dan resepnya berbeda-beda sesuai dengan musim dan bahan-bahan yang tersedia di India.

Kemudian pada tahun 1890-an Inggris datang ke India untuk mendirikan perkebunan teh sebagai alternatif dari teh yang dijual mahal oleh China. Untuk memasuki pasar lokal, teh pada awalnya dibagikan gratis kepada penduduk India dengan mendorong pabrik-pabrik dan pertambangan untuk menyediakan teh bagi pekerja mereka saat istirahat. Teh disajikan seperti tradisi di Inggris yaitu dengan menambahkan gula dan susu, kemudian berkembang dengan memasukkan berbagai rempah-rempah khas India, dan pada akhirnya lahirlah Masala Chai seperti yang dikenal sekarang.

Masala Chai sendiri dapat mengandung rempah-rempah yang berbeda tergantung pada wilayah dan musim, dengan bahan-bahan yang populer adalah kapulaga, cengkeh, jahe, dan adas. Meskipun Masala Chai adalah jenis teh India yang paling disukai dan banyak dikonsumsi, tidak ada habisnya variasi yang tersedia. Bahkan, di berbagai bagian negara itu terkenal karena cara penyajiannya yang unik, seperti  Mumbai’s cutting chaiIrani chai of Hyderabad, dan Kashmiri chai.

Jika Anda berada di India, Masala Chai dapat Anda jumpai dimanapun, bisa di warung, kios, maupun kafe. Biasanya masyarakat setempat menggunakan momen minum Masala Chai untuk bersosialisasi, di mana orang-orang dari segala usia dan latar belakang dapat ditemukan mendiskusikan hampir semua hal, baik itu berita terbaru, politik, olahraga, pribadi, atau bahkan hanya cuaca.

Nah, bagi Villavers yang ingin minum Masala Chai tidak perlu jauh-jauh ke India karena di Indonesia pun juga sudah banyak yang menjual ala-ala Masala Chai.

Sumber:

https://theculturetrip.com/asia/india/articles/chai-and-the-world-an-introduction-to-indian-tea/

https://en.wikipedia.org/wiki/Masala_chai&prev=search

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *