Samovar, the Highlight of Russian Tea Ceremony

Teh adalah bagian besar dari budaya Rusia. Tidak seperti budaya teh Inggris, di Rusia, teh biasanya diseduh hingga berwarna hitam dan manis. Meskipun meningkatnya popularitas teh hijau di negara ini, teh hitam masih menjadi primadona di Rusia. Bagian yang menarik perhatian dari tradisi ngeteh ini adalah Samovar.

Sumber gambar: theculturetrip.com

Benda ini berbentuk seperti guci dan terdapat tempat kecil khusus untuk teko agar dapat diletakkan diatasnya. Di beberapa wilayah mereka menggunakan tiga teko yang disusun diatas satu sama lain untuk menjaga kehangatan teh tersebut. Menariknya, teko tersebut memiliki ornament-ornamen yang menampilkan cerita rakyat Rusia dan terkadang juga dibuat berbentuk seperti manusia atau hewan.

Tiga teko digunakan jika penikmat teh ingin membuat dua macam teh yang berbeda jenis secara bersamaan. Teko yang ditengah biasanya dipakai untuk menyeduh teh hitam yang kandungannya kuat dan teko terkecil yang letaknya paling atas untuk menyeduh teh herbal atau rasa mint dan teko terbesar yang letaknya paling bawah dipakai untuk wadah air panas. Tehnya bisa dicampurkan satu sama lain menurut selera dari masing-masing penikmat teh.

Teh diminum dari gelas khusus yang disebut ‘stakan’ yang biasanya dipegang pada pegangan logam perak yang disebut ‘podsakannik’. Di Rusia, teh biasanya diminum setelah makan bukan dinikmati sembari makan. Ketika teh dibuat menggunakan samovar, maka teh itu siap digunakan sepanjang hari. Samovar berbentuk seperti guci dan terdapat tempat kecil khusus untuk teko agar dapat diletakkan diatasnya.

Air dipanaskan di samovar dan teh hitam dengan kandungan kuat dibuat dengan menggunakan banyak daun teh di teko atasnya. Teh dengan kandungan kuat tersebut dikenal dengan nama ‘zavarka’. Tehnya begitu kuat hingga harus diencerkan dengan air dari samovar sebelum penikmat teh bisa menikmatinya.

Penikmat teh mencampurkan sedikit teh dengan air panas yang diambil dari keran bagian depan samovar. Jika air yang digunakan habis, maka penikmat teh harus mengisi ulang samovar dan tiap beberapa jam penikmat teh harus membuat sebuah satu teko teh hitam segar. Beberapa samovar berukuran kecil dan hanya bisa menampung sekitar tiga liter air, tapi ada pula samovar yang bisa menampung hingga 30 liter air. Samovar biasanya terbuat dari logam dan dapat dijumpai dimana-mana jika penikmat teh melancong ke Rusia.

Wah menarik sekali tradisi minum teh di Rusia ya Villavers. Ternyata berbicara teh bukan hanya tentang manfaat kesehatannya saja tetapi juga tentang keunikannya Villavers. Simak terus website Teh Villa Indonesia untuk informasi menarik lainnya.

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *