[Serial Upacara Minum Teh] Jepang

Halo para penikmat Teh Indonesia!
Hari ini kami akan memulai serial baru khusus untuk para penikmat Teh Indonesia. Serial terbaru dari kami akan membahas tentang Upacara Minum Teh di Dunia yaitu Jepang, China, Russia, Korea dan Indonesia tentunya. Di artikel kali ini yang akan dibahas pertama adalah Upacara Minum Teh yang dilakukan di Negeri Sakura Jepang.

Di Jepang sendiri ada dua jenis upacara yang biasa dilakukan, yaitu Upacara Chanoyu atau biasanya dikenal dengan Upacara Matcha dan Upacara Sencha. Kata ‘Chanoyu’ itu berarti air ‘panas untuk teh’.

Sumber: Google Images

Upacara Chanoyu dilaksanakan di rumah teh kayu atau bambu yang dikenal dengan sebutan Chashitsu. Di dalam Chashitsu biasanya tersedia ruangan untuk empat orang tamu. Taman disekitar rumah teh sangat simpel dan banyak ditanami tanaman hijau dibandingkan bunga-bunga, terdapat pula taman batu kecil dan sebuah sungai.

Jika para penikmat teh diundang ke upacara minum teh Chanoyu ada beberapa peraturan yang harus diikuti. Pertama-tama para penikmat teh harus menunggu di pintu masuk kebun sampai penikmat teh tenang dan siap untuk masuk. Master Teh atau dikenal dengan sebutan Teishu akan menyambut penikmat teh di taman. Dia membawa air bersih untuk diminum oleh penikmat teh sekaligus dipakai untuk mencuci tangan. Lalu setelah itu penikmat teh mengikuti Teishu sepanjang jalan menuju rumah teh.

Di dalam rumah teh, Teishu membuat teh menggunakan teh hijau bubuk yang disebut ‘matcha’. Tehnya dicampur dengan air yang sudah direbus hingga matang dengan menggunakan kocokan bambu dan disajikan dalam mangkuk kecil.

Para tamu duduk di lantai di sekitar meja yang rendah. Ketika Teishu memberikan teh pada penikmat teh, penikmat teh harus menunduk dan mengambil mangkuk dengan tangan kiri lalu tahan tangan kiri menggunakan tangan kanan penikmat teh. Letakkan mangkuk di depan dan balikkan ke kanan sehingga penikmat teh tidak minum dari sisi yang menghadap ke penikmat teh. Biasanya Teishu memberikan kue manis atau mochi untuk dimakan karena teh yang disajikan rasanya pahit.

Bila penikmat teh sudah selesai menikmati tehnya, putar mangkuk ke kiri dan tempatkan ke atas meja di depan penikmat teh (HARUS DIHABISKAN). Penikmat teh membalikkan mangkuk untuk menunjukkan rasa hormat kepada Teishu yang berarti bahwa sisi cangkir yang diberikan oleh Teishu adalah yang terbaik tetapi penikmat teh tidak cukup baik untuk minum dari sisi yang terbaik itu. Terkadang para tamu berbagi satu mangkuk yang dibagikan secara keliling.

Untuk Upacara Sencha lebih santai dan rileks dibandingkan dengan Upacara Chanoyu. Aturan untuk menyajikan tehnya itu seperti tradisional tapi dalam kesempatan yang lebih santai bagi penikmat teh.

Kebanyakan orang di Jepang tidak memiliki rumah teh sendiri tetapi mereka sering menjadi anggota ‘Klub Teh’ dimana mereka pergi setiap minggu untuk mengikuti upacara minum teh.

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *