[Serial Upacara Minum Teh] Rusia

Halo para penikmat Teh Indonesia!
Kembali lagi bersama kami Teh Villa Indonesia dalam Serial Artikel Upacara Minum Teh di Dunia. Dua hari kemarin kita telah membagikan mengenai upacara minum teh yang dilakukan di Jepang dan di Tiongkok. Nah pada hari ini kita akan belajar bersama tentang upacara minum teh di negeri dingin yaitu Rusia.

Sumber Gambar: Wikipedia

Teh adalah salah satu minuman terfavorit di Rusia. Teh dibuat di dalam samovars yaitu cerek teh ala rusia. Di beberapa wilayah mereka menggunakan tiga teko yang disusun diatas satu sama lain untuk menjaga kehangatan teh tersebut. Seringnya, teko tersebut di dekorasi dengan foto-foto cerita rakyat Rusia dan terkadang juga dibuat berbentuk seperti manusia atau hewan.

Tiga teko digunakan jika penikmat teh ingin membuat dua macam teh yang berbeda jenis secara bersamaan. Teko yang ditengah biasanya dipakai untuk menyeduh teh hitam yang kandungannya kuat dan teko terkecil yang letaknya paling atas untuk menyeduh teh herbal atau rasa mint dan teko terbesar yang letaknya paling bawah dipakai untuk wadah air panas. Tehnya bisa dicampurkan satu sama lain menurut selera dari masing-masing penikmat teh.

Teh diminum dari gelas khusus yang disebut ‘stakan’ yang biasanya dipegang pada pegangan logam perak yang disebut ‘podsakannik’. Di Rusia, teh biasanya diminum setelah makan bukan dinikmati sembari makan. Ketika teh dibuat menggunakan samovar maka teh itu siap digunakan sepanjang hari. Samovar berbentuk seperti guci dan terdapat tempat kecil khusus untuk teko agar dapat diletakkan diatasnya.

Air dipanaskan di samovar dan teh hitam dengan kandungan kuat dibuat dengan menggunakan banyak daun teh di teko atasnya. Teh dengan kandungan kuat tersebut dikenal dengan nama ‘zavarka’. Tehnya begitu kuat hingga harus diencerkan dengan air dari samovar sebelum penikmat teh bisa menikmatinya.

Penikmat teh mencampurkan setetes teh dengan air panas yang diambil dari keran bagian depan samovar. Jika air yang digunakan habis, maka penikmat teh harus mengisi ulang samovar dan tiap beberapa jam penikmat teh harus membuat sebuah satu teko teh hitam segar.

Beberapa samovar berukuran kecil dan hanya bisa menampung sekitar tiga liter air, tapi ada pula samovar yang bisa menampung hingga 30 liter air. Samovar biasanya terbuat dari logam dan dapat dijumpai dimana-mana jika penikmat teh melancong ke Rusia.

Sekian upacara dan budaya minum teh yang berasal dari Rusia, semoga bisa bermanfaat dan berguna pagi para penikmat Teh Indonesia untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Pantau terus website dan media sosial dari Teh Villa Indonesia untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai teh dan promo-promo menarik dari Teh Villa.
Jangan lupa minum teh setiap hari khususnya Teh Hitam Premium dari Teh VILLA Indonesia!

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *