[Serial Upacara Minum Teh] Tiongkok

Halo para penikmat Teh Indonesia!
Kembali lagi dalam Serial Artikel tentang Upacara Minum Teh di Dunia oleh Teh Villa Indonesia. Kemarin kita sudah membahas mengenai Upacara minum Teh di Jepang yang sangat menarik. Hari ini kita akan membahas mengenai Upacara Minum Teh yang tidak kalah menarik yaitu dari Negeri Tiongkok. Pantau terus Social Media dan Website dari Teh Villa Indonesia ya dan dapatkan informasi-informasi serta promo-promo menarik dari Teh Villa Indonesia!

Seni meminum dan menyajikan teh adalah sebuah hal yang penting dan merupakan acara spesial di Tiongkok. Acara ini merupakan waktu untuk rileks dan menikmati rasa dan aroma dari teh.

Upacara Teh Tiongkok berisi semua tentang teh, mulai dari aroma dan rasanya adalah bagian penting dari upacara, jadi aturan untuk membuat dan menuang tehnya tidak selalu sama.

Di sebagian besar wilayah di Tiongkok, teh dibuat di dalam teko tanah liat kecil. Panci dibilas dengan air mendidih dan kemudian daun teh ditambahkan ke dalam panci dengan menggunakan sumpit atau sendok bambu. Daun teh dibilas dengan air panas di dalam pot dan kemudian air panas ditambahkan ke daun untuk membuat teh.

Suhu air itu penting. Perlu panas tapi kalau terlalu panas bisa merusak rasa tehnya. Seni menyiapkan dan membuat teh di Tiongkok disebut Cha Dao.

Dalam waktu kurang dari satu menit, penyaji menuangkan teh ke dalam cangkir kecil yang sempit tapi tidak dituangkan dalam satu cangkir sekaligus. Sebagai gantinya, cangkir-cangkir itu disusun dalam lingkaran dan penyaji teh menuangkan teh ke dalam semua cangkir yang telah disusun tersebut.

Penyaji mengisi cangkir lebih dari setengah jalan. Orang Tiongkok percaya bahwa sisa cawan dipenuhi dengan persahabatan dan kasih sayang.

Penyaji memberikan cangkir ke tiap tamu dan mengundangnya untuk mencium aroma dari teh terlebih dahulu. Penikmat teh harus berterima kasih padanya dengan mengetuk meja tiga kali dengan jari penikmat teh. Selanjutnya setiap tamu menuangkan teh mereka ke dalam cangkir minum dan mereka diminta untuk mencium cangkir sempit yang kosong itu. Setelah itu baru para tamu meminum tehnya.

Hal yang dianggap paling sopan adalah menghabiskan secangkir teh dengan tiga tegukan. Saat para penikmat teh menikmati teh di kedai teh atau restoran maka hal tersebut di sebut Yum Cha, Yum artinya minum dan Cha artinya Teh.

Sekian Serial Artikel mengenai Upacara Minum Teh di Tiongkok, tunggu kelanjutan Serial Artikel ini dengan cara memantau terus Media Sosial dan Website Teh Villa Indonesia ya para penikmat Teh Indonesia!
Sampai jumpa!

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *