Jejak Sejarah Indonesia di Kayu Aro

Indonesia boleh bangga dengan keindahan alamnya yang selalu memukau mata dunia. Selain keindahan lautnya, perkebunan teh di Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa sumber menyatakan bahwa perkebunan teh di Indonesia adalah hamparan kebun teh paling luas yang ada saat ini. Salah satunya yaitu perkebunan teh Kayu Aro yang berada di kaki Gunung Kerinci. Lokasi perkebunan ini berjarak sepanjang 434 kilometer dari pusat Kota Jambi dan memakan waktu sekitar10 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Perkebunan teh yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara 6 (PTPN VI) ini memiliki luas lahan 3020 hektar dan berada di ketinggian mencapai 1600 diatas permukaan laut. Dilansir dalam situs indonesia.travel bahwa perkebunan teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh tertua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1925. Perkebunan ini juga merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah perkebunan teh darjeeling yang ada di Himalaya, India yang berada di ketinggian 4.000 diatas permukaan laut.

Selain hamparan tanaman teh, di perkebunan Kayu Aro kita masih bisa melihat bangunan pabrik, rumah administratur (kini manajer) dan staf, bangunan klub (gedung serbaguna), sampai rumah sakit (kini poliklinik) peninggalan masa penjajahan Belanda. Catatan PTPN VI Unit Usaha Kayu Aro menyebut tahun 1920 sebagai awal beroperasinya perkebunan teh yang dikelola NV Namlodse Venotchaaf Handle Veriniging Amsterdam (HVA). Penanaman dimulai tahun 1923 dan pabrik berdiri pada 1925. Perkebunan Kayu Aro dinasionalisasikan pada 1959.Magnet perkebunan teh Kayu Aro belum pudar. Selain hamparan kebun teh dan keindahan alam sekitarnya, kisah-kisah penduduk yang pernah tinggal di Kayu Aro juga menarik banyak orang untuk berkunjung.

 

Sumber :

https://travel.kompas.com/read/2016/04/18/191500127/Jejak.Meneer.di.Kayu.Aro

http://ptpn6.com/berita-kayu-aro-kebun-teh-terluas-di-dunia-ada-di-indonesia.html

https://www.indonesia.travel/gb/en/destinations/sumatra/jambi/kayu-aro-tea-plantation

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *