Menyusuri Jejak Bosscha di Kebun Teh Malabar

Jika Anda berencana untuk liburan ke Jawa Barat, kebun teh Malabar haruslah masuk kedalam daftar Anda. Pemandangan serba hijau nan indah di perkebunan teh ini sungguh memanjakan mata yang memandangnya. Perkebunan teh seluas 2022 hektar ini terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Perkebunan teh Malabar telah dibuka sejak tahun 1890-an oleh Preangerplanter bernama Kerkhoven yang sebelumnya sudah membuka perkebunan teh di daerah Gambung, Ciwidey. Akan tetapi, popularitas kawasan Kebun teh Malabar berkembang dengan pesat dan memuncak setelah Kerkhoven mengangkat sepupunya, Karel Albert Rudolf Bosscha, untuk menjadi administratur perkebunan ini pada tahun 1896.

Kebun teh Malabar memang menyimpan banyak cerita. Saat Anda berkunjung di perkebunan Malabar, selain melihat hamparan kebun yang hijau bak permadani ini Anda dapat mengunjungi bekas kediaman sang pendiri teropong bintang di Lembang, Karel Albert Rudolf Bosscha sekaligus. Bekas kediaman rumahnya yang bergaya kolonial Belanda hingga kini masih terjaga.

Tak hanya itu, di perkebunan teh ini Anda juga diperlihatkan makam yang dikelilingi oleh taman yang asri dan bersih. Terdapat berbagai macam bunga dan tanaman di dalamnya. Di tengah-tengah taman terdapat sebuah bangunan putih yang memiliki 8 tiang kokoh menopang kubah atapnya yang berbentuk sebuah topi yang sering dipakai oleh bangsawan Belanda saat jaman kolonial dulu, dan topi ini pulalah yang sering dipakai oleh Bosscha saat bekerja di perkebunan teh Malabar ini.

Keindahan kebun teh ini tidak perlu diragukan lagi, sejauh mata memandang akan disuguhkan dengan hamparan hijau yang sangat asri. Berwisata di perkebunan ini cocok bagi Anda yang ingin refreshing dari hiruk pikuk kota dengan sekedar teawalk sekaligus menilik sejarah yang tersembunyi di perkebunan ini.

Sumber:

https://situsbudaya.id/sejarah-perkebunan-teh-malabar-bandung/

https://serbasejarah.wordpress.com/2010/07/19/sepenggal-cerita-di-makam-bosscha/

http://www.wisatabdg.com/2015/01/jejak-bosscha-di-perkebunan-teh-malabar.html

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *