[Serial Sejarah Teh] Awal Mula Teh

Halo para penikmat Teh Indonesia! Hari ini kami akan membagikan mengenai sejarah dari Teh untuk menambah pengetahuan para penikmat Teh Indonesia ya.

Jadi Teh itu asal muasalnya adalah dari negeri Tiongkok dan berawal dari sanalah ditemukan pohon teh Tiongkok (Camellia Sinensis). Tepatnya itu berada di provinsi Yunnan, bagian barat daya Tiongkok. Iklim wilayah itu tropis dan sub-tropis yang dimana daerah itu secara keseluruhan adalah hutan zaman purba. Daerah demikian, yang hangat dan lembab menjadi tempat yang sangat cocok bagi tanaman teh, bahkan ada teh liar yang berumur 2700 tahun dan selebihnya tanaman teh yang ditanam bisa mencapai usia 800 tahun ditempat ini.

Teh Tiongkok pada awalnya memang digunakan sebagai bahan obat-obatan (Abad ke-8 SM), itupun sudah berumur ribuan tahun riwayatnya. Orang-orang Tiongkok pada waktu itu mengunyah teh (770 SM-476 SM) mereka menikmati rasa yang menyenangkan dari sari daun teh. Teh juga sering kali dipadukan dengan ragam jenis makanan dan racikan sop.

Pada zaman pemerintahan dinasti Han (221 SM-8 M), teh mulai diolah dengan pemrosesan yang terbilang sederhana, dibentuk membulat, dikeringkan dan disimpan. Lalu pada saat itu teh juga mulai dijadikan sebagai minuman, diseduh dan dikombinasikan dengan ramuan lainnya seperti jahe. Lebih jauh lagi, teh digunakan juga sebagai tradisi dalam menjamu para tamu. Setelah zaman dinasti Ming, mulai ditemukan berbagai macam jenis teh dan yang populer banyak dikembangkan di daerah Canton (Guangdong) dan Fukien (Fujian).

Tradisi meminum teh ala Tiongkok pun makin menyebar, bahkan melekat erat pada tiap lapisan masyarakat di Tiongkok. Pada tahun 800 M, Lu Yu menulis buku yang berjudul “Ch’a Ching” yang mendefinisikan tentang teh.

Nah, ini adalah bagian pertama dari Serial Sejarah Teh di Dunia. Pantau terus artikel-artikel dari Teh Villa Indonesia ya para penikmat teh Indonesia!

 

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *