[Serial Upacara Minum Teh] Indonesia

Halo para penikmat Teh Indonesia!
Kembali lagi bersama kami Teh VILLA Indonesia di Serial Artikel Upacara Minum Teh di Dunia. Beberapa hari kemarin kita sudah membahas mengenai upacara-upacara dan budaya minum teh di negara-negara lain seperti Jepang, Tiongkok, Rusia hingga Korea. Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai upacara dan budaya minum teh di negeri kita tercinta Indonesia.

Ternyata di Garut daerah Jawa Barat memiliki sebuah tradisi upacara minum teh. Tetapi memang tata aturannya cukup berbeda dengan di Jepang, Tiongkok dan lain-lainnya. Upacara minum teh di Garut dikenal dengan nama ‘nyaneut’ yang diikuti oleh warga lokal.

Upacara ‘nyaneut’ ini sudah berlangsung selama ratusan tahun oleh masyarakat Cigedug, Kabupaten Garut. Nyaneut merupakan singkatan dari Nyai Haneut atau Cai Haneut yang artinya air hangat. Upacara ini dilakukan pada saat ingin menyambut tahun baru Islam.

Tata cara aturan upacara minum teh nyaneut adalah disajikan kepada tamu bersama dengan suguhan kudapan berupa singkong rebus dan prosesinya diawali dengan memutar gelas teh di telapak tangan sebanyak dua kali, setelah itu menghirup aroma teh kurang lebih tiga kali lalu boleh dinikmati tehnya.

Teh yang digunakan dalam upacara minum teh ‘nyaneut’ adalah teh wejek yang diolah secara tradisional oleh masyarakat lokal dan disuguhkan bersama makanan tradisional seperti singkong, ubi jalar dan ganyong. Selain menghangatkan tubuh nyaneut juga mencerminkan kehangatan di tengah masyarakat.

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *