Tradisi Ngeteh di Negeri Ginseng

Korea tidak hanya terkenal karena hallyunya saja, tetapi juga terkenal dengan kebudayaannya yang terkadang bisa kita lihat melalui serial drama yang muncul di televisi. Salah satunya yaitu budaya minum teh. Untuk menikmati teh, masyarakat Korea memiliki tata cara tersendiri yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka yang disebut dengan darye. Bagian utama dari darye adalah suasana yang ringan dan santai, dengan sedikit etika formal dan aturan baku, selingan pembicaraan ringan, lebih bebas dan tidak kaku dan kemudahan dalam menikmati berbagai jenis teh dan keramahtamahan tuan rumah.

Upacara minum teh biasanya dilakukan di meja yang rendah, dimana tamu dan pemilik rumah duduk bersila saling berhadapan. Peralatan yang akan digunakan dibersihkan lebih dahulu oleh pemilik rumah dengan cara menghangatkan alat-alat tersebut dengan air panas. Kemudian pemilik rumah menuangkan daun teh ke poci, lalu menuangkan air panas ke daun teh dan menuangkannya lagi kepada tamu sambil berbincang-bincang ringan.

Sebelum dituangkan ke cawan, teh yang panas dibiarkan mendingin. Cawan tersebut harus dipegang dengan kedua tangan dengan posisi tangan harus menutupi mulut agar tidak terlihat oleh orang lain ketika sedang meneguknya. Tamu harus menunggu tuan rumah untuk meminum tehnya terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk penghormatan. Upacara minum teh biasanya akan memakan waktu yang lama, namun acara ini tidak terasa membosankan karena diselingi dengan obrolan yang ringan dan hangat. Tuan rumah akan membersihkan perangkat lagi saat acara minum teh selesai dan membiarkan perangkat teh berada di meja sepanjang tahun dan menutupnya dengan kain. Wah, unik sekali budaya minum teh di Korea ya Villavers!

Sumber:

http://bicarakorea.com/2015/08/26/uniknya-upacara-minum-teh-di-korea/

https://id.wikipedia.org/wiki/Upacara_teh_Korea

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *