KEONG MAS

 

KEONG MAS – JAWA

Alkisah,tersebutlah seorang raja bernama Kertamarta yang bertahta di Kerajaan Daha. Ia mempunyai dua orang putri yang cantik jelita. Yang sulung bernama Ddewi Galuh, sedangkan yang bungsu bernama Candra Kirana. Berita tentang kecantikan kakak beradik tersebut tersebar hingga ke berbagai negeri. Suatu hari datanglah seorang putra mahkota yang gagah dan tampan bernama Raden Inu Kertapatih dari Kerajaan Kahuripan. Melihat ketampanan Raden Inu Kertapatih, Putri Dewi Galuh pun langsung jatuh hati. Ia berharap pinangan Raden Inu Kertapatih jatuh pada dirinya, tapi ternyata Raden Inu Kertapatih memilih Putri Candra Kirana. Sejak saat itu, Putri Dewi Galuh menaruh dendam dan sakit hati pada Putri Candra Kirana.

Akhirnya pada suatu hari Dewi Galuh mendatangi seorang penyihir bernama Mbok Mian dan memintanya untuk menyihir Candra Kirana. Agar tidak dicurigai raja, maka Putri Dewi Galuh memfitnah Putri Candra Kirana sehingga raja mengusirnya keluar istana dan Putri Dewi Galuh bersama Mbok Mian dapat menjalankan rencana mereka. Saat sedang asyik main di pantai, Candra Kirana ditemui oleh Mbok Mian yang langsung menyihirnya menjadi seekor keong emas dan sihir itu akan hilang jika ia bertemu tunangannya. Kemudian dilemparlah keong emas tersebut ke laut.

Sejak saat itu, Putri Candra Kirana hidup di laut sebagai seekor keong. Hingga suatu hari saat ia mencari makan di antara batu karang di laut, ia tersangkut pada jaring ikan milik seorang nenek bernama Mbok Rini saat menjaring ikan. Kemudian karena tidak kunjung mendapatkan ikan, akhirnya Mbok Rini pulang ke rumahnya.

Saat Mbok Rini pergi bekerja, keong emas berubah menjadi Putri Candra Kirana. Untuk membalas budi Mbok Rini, Putri Candra Kirana pun membersihkan rumah dan memasakkan nenek itu. Saat pulang, Mbok Rini mendapati banyak makanan di meja makannya. Beberapa kali peristiwa tersebut terjadi dan ia pun mulai curiga.

Maka pada suatu hari, Mbok Rini pura-pura pergi bekerja tapi kemudian ia mengintip dibalik jendela. Ia melihat keong emas miliknya berubah menjadi seorang gadis cantik. Mbok Rini pun langsung masuk ke rumahnya. Putri Candra Kirana kaget, tetapi akhirnya ia menceritakan semuanya kepada Mbok Rini. Ia memberitahu Mbok Rini bahwa sihirnya bisa lepas jika ia bertemu dengan tunangannya, maka ia meminta tolong pada Mbok Rini agar mengantarnya pulang ke istana. Mbok Rini pun setuju.

Berangkatlah Mbok Rini dengan membawa Putri Candra Kirana yang berwujud keong emas ke istana. Setibanya di istana, Mbok Rini menyerahkan keong emas tersebut kepada raja dan menceritakan peristiwa yang menimpa Putri Candra Kirana.

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi:
031-843 8940
0851 0275 1313 (Phone & SMS)
0856 9474 1313 (SMS ONLY)

PT Karya Mas Makmur
JL Rungkut Industri 2 / 53
Surabaya – Jawa Timur
Email: info@karyamasmakmur.com
Website: www.tehvilla.com
Instagram: www.instagram.com/tehvillaindonesia/
Facebook: www.facebook.com/TehVillaIndonesia/